Masih Layakkah Candi Menjadi Harta Negara Indonesia ??

Candi merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang dimiliki bangsa Indonesia. Namun apa daya, Peninggalan Sejarah yang menjadi harta tak berharga Negara Indonesia ini kini sedikit demi sedikit mulai tak terawat dan bahkan ada menjadi puing puing yang menghiasi candi lain yang masih berdiri tegap.


Sebagai warga negara harusnya kita perlu KESADARAN yang sangat tinggi dalam menjaga dan KETAKUTAN untuk merusak bahkan mencuri bagian bagian dari candi peninggalan Kerajaan Hindu-Budha sejak dahulu.

Ironis ?? ya bisa dibilang seperti itu kondisi candi candi di Indonesia. Minim perawatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan kurangnya tenaga yang menjaga candi candi tersebut. sehingga ada candi Budha yang beberapa organ nya hilang seperti tangan, bahkan kepalanya. Jika anda berkunjung ke tempat wisata candi candi lihat betapa banyak wisatawan asing yang menikmati keindahan bangunan yang mempesona itu yang tidak pernah hancur dilawan zaman tetapi malah hancur ditangan orang orang yang tidak bertanggung jawab.


Mungkin 10-15 tahun yang akan datang anak cucu kita bisa saja hanya mendengar dan melihat dari buku IPS / buku sejarah saja untuk mengetahui tentang candi candi peninggalan sejarah Indonesia itu. Karena tidak menutup kemungkinan candi akan hilang dari Negara Indonesia jika pelestarian terhadap candi candi ini tidak dilakukan secara maksimal dan berkurangnya wisatawan asing yang tidak lagi menemukan wisata bersejarah seperti candi di Indonesia ini.


Jika kita tidak ingin harta tak ternilai ini hilang dari peredaran, Marii kita bersama lestarikan candi candi ini dan peninggalan sejarah lain yang ada di Indonesia. Jika kalian ingin tahu Indonesia merupakan salah satu negara yang membuat Iri Negara lain lhoo karena terkenal dengan ragam peninggalan bersejarah dan budaya yang ada di dalamnya.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

recent post

Theme Support

free counters