3 Jenis Robot berdasarkan Cara Pengendaliannya ala Woles



Sebagai fans mecha atau robot merasa disayangkan banget nonton Real Steel sekarang, harusnya dari dulu. Dan, gara-gara baru aja nonton Real Steel jadi kepikiran buat bikin tulisan tentang robot. Karena gw itu fans mecha yang sering nonton gundam dan film robot lainnya,kali ini gw bakal ngejelasin 3 Jenis Robot berdasarkan Cara Pengendaliannya!

Perlu diketahui robot adalah sebuah mesin yang berfungsi melakukan perkerjaan layaknya manusia, seperti bersih-bersih, mengangkat barang dll. Sebenarnya bentuknya tidak perlu percis seperti manusia, asalkan sebuah mesin bisa mengerjakan pekerjaan manusia bisa disebut robot. Tentunya pekerjaan yang dilakukan oleh robot pastinya telah diprogram ulang oleh si pembuatnya itu sendiri dan perlu dikendalikan sebelumnya.   Berdasarkan cara mengendalikan robot, ada 3 cara pengendaliannya, walaupun klo dirangkum lagi bisa cmn 2 doang. 

1. Remoted Robot



Tomy Battroborg 2.0
Remoted Robot dikendalikan oleh manusia dengan sebuah remote control dari jarak yang tertentu. Remote controller tersebut dapat berupa seperti remote tv, remote r/c car atau bahkan dapat digerakkan dengan perintah suara (voice recognition) ataupun perintah gerakan (move recognition) seperti di film Real Steel yang telah gw tonton tadi. Contoh robot seperti ini di dunia nyata yaitu seperti robot pemadam kebakaran yang dibuat salah satu anak bangsa, contoh lainnya adalah Tomy Battroborg 2.0 yang dibuat oleh perusahaan mainan Takara Tomy dari Jepang. 


Yah walaupun gak sama kek di Real Steel atleast inilah Real Robot! First step toward Real Steel

2. Piloted Robot
Robot Kurata yang beberapa bulan lalu dipamerkan

 
Selanjutnya jenis robot yang kedua yaitu Piloted Robot, atau robot yang dikendarai oleh manusia. Robot seperti ukurannya relatif harus lebih besar daripada manusia, karena manusia yang mengendarainya. Banyak sekali film yang menceritakan tentang robot yang dipiloti manusia dan sering sekali robot berpilot tidak terpikir untuk dibuat hanya untuk tema hiburan semata. Namun baru-baru ini ada satu robot piloted yang telah diciptakan yang bernama Kurata, dan mungkin Kurata ini adalah langkah awal bagi perkembangan robot piloted di dunia. (Walaupun sepertinya bikin robot berpilot perlu biaya yang mahal)





3. Automatic Robot
Asimo si Robot Pintar
 Hmm.. Jenis robot seperti ini mungkin sulit diciptakan karena robot ini tidak perlu disuruh-suruh lagi ataupun dikendalikan dia sudah dapat melakukan pekerjaan seperti manusia. Contoh yang mendekati automatic robot adalah Asimo, robot besutan perusahaan kendaraan terkenal Honda. Dalam robot ini ditanamkan kecerdasan buatan, dan sistem pengenalan yang luar biasa rumit tentunya. Hal ini yang membuat automatic robot selain harganya mahal pakai sekali. 


Begitulah tulisan woles gw kali ini, semoga tulisan asal woles ini berguna bagi lu semua para Wolespoke! dadah~
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

recent post

Theme Support

free counters