Heboh! 4 Teori Kiamat

Yoo, sobat woles, tau kan kalau kiamat tahun 2012 kemarin gak terbukti. Pastinya kita gak tahu kapan kiamat bakalan datang, dan kebanyakan ramalan itu gak benar, kek ramalan kiamatnya Nostradamus tahun 1999 sama suku maya yang katanya terjadi tanggal 21-12-2012. Walaupun demikian ilmuwan di luar negeri gak kalah eksis nih, mereka punya beberapa teori tentang kiamat. Mau tau? cekidot 4 Rangkuman Teori Kiamat ala Woles!!


1. Big Crunch
Teori yang pertama adalah 'Big Crunch' dimana semesta akan berakhir jika telah menjadi kesatuan yang sangat mapat. Berdasarkan teori ini semesta akan terus mengembang sebagai konsekuensi dari teori Big Bang namun pada akhirnya semesta akan berhenti mengembang sehingga nantinya semesta akan menyusut dan mapat. 

2. Big BounceDalam teori ini tidak ada yang namanya akhir dunia. Seperti halnya ajaran Budha yang mengajarkan tentang reinkarnasi, semesta ini juga akan mengalami reinkarnasi. Teori ini menjelaskan bahwa semesta ini membentuk siklus awal dan akhir lalu kembali lagi ke awal, Big Bang merupakan awal dari terciptanya semesta, lalu semesta ini akan mengalami pemapatan/kematian yang disebut Big Crunch hingga akhrinya semesta kembali melakukan proses teori Big Bang. 

3. Big Freeze
Semesta akan mengalami suatu fase kehilangan energi panas sehingga semesta kehilangan cahaya dan membeku. Teori ini bertolak belakang dengan teori Big Crunch, dimana dalam teori tersebut semesta mapat.

4. Big Rip
Teori ini merupakan pengembangan dari teori Big Freeze, dimana semesta akan membeku dan mengembang terpisah jauh terpencar, galaksi satu yang saling berdeketan membeku dan terpisah. adanya energi gelap yang yang menentang gaya gravitasi akan membuat bentangan antar galaksi. Namun teori ini nampaknya tidak akan terjadi dikarenakan adanya observasi yang menunjukan energi gelap tidak menumbuhkan kekuatannya.


Walaupun ilmuwan bikin teori kayak gitu, sobat woles gak usah takut, teori kayak gitu bakal terjadi lama sekali mungkin ratusan tahun yang akan datang atau pun jutaan tahun yang akan datang. So Keep Calm and Be Woles, rahasia kiamat itu cuman Tuhan yang tahu kok :D

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

recent post

Theme Support

free counters